Sunday, April 12, 2015

Soal dan pembahasan Akuntansi Perusahaan Jasa

I.
       1.       Sebutkan perusahaan jasa :
Salon, bengkel, pemandu wisata, pramusaji
       2.       Jelaskan pengertian dari masing-masing bukti transaksi :
a.       Kuitansi dan suskuitansi
Kuitansi adalah tanda bukti pembayaran uang yang dibuat dan ditandatangani oleh pihak penerima uang. Pada jumlah tertentu, kuitansi harus dibubuhi materai sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kuitansi yang asli diserahkan kepada pihak yang membayar, sedangkan tembusan atau suskuitansi (bonggol kuitansi) disimpan pihak penerima.
b.      Nota kontan (nota tunai)
Nota kontan adalah bukti pembelian barang secara tunai yang dibuat oleh penjual. Nota kontan asli diserahkan kepada pembeli dan tembusannya disimpan pihak penjual untuk bukti transaksi
                        c.       Faktur (Invoice)
Faktur (invoice)merupakan bukti transaksi pembelian/penjualan barang (biasanya secara kredit). Bagi pihak yang membuat faktur disebut faktur penjualan dan merupakan bukti penjualan barang atau jasa. Sedangkan bagi yang meneima faktur disebut faktur pembelian dan merupakan bukti pembelian barang atau jasa.
                        d.       Nota kredit (Credit Memorandum)
                           Nota kredit adalah bukti pernyataan bahwa akun debitur dikredit sejumlah tertentu karena adanya hal tertentu. Nota   kredit mengurangi piutang usaha dan dibuat oleh penjual. Misalnya, menerima kembali (retur) barang dari pembeli. Lembar asli diberikan kepada pembeli, sedangkan salinannya disimpan penjual.
                        e.       Nota debet (Debet memorandum)
                          Nota debet adalah bukti pernyataan bahwa akun kreditur didebet karena adanya hal-hal tertentu. Nota debet mengurangi utang usaha karena adanya pengembalian barang dagangan yang dibuat oleh pihak pembeli.
                               f.       Bukti memorial
                        Bukti memorial adalah bukti transaksi intern berupap memo (catatan) dari pimpinan perusahaan kepada bagian akuntansi untuk melakukan pencatatan suatu kejadian.
                        g.       Cek
Cek adalah surat perintah kepada bank dari orang yang menandatangi untuk membayar sejumlah uang yang tertulis dalam cek kepada pembawa atau orang yang namanya disebut dalam cek.
                               h.      Bilyet giro
                     Bilyet giro adalah surat perintah pemindahbukuan dari nasabah suatu bank kepada bank yang bersangkutan untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerimam yang namanya disebut dalam bilyet giro pada bank yang sama atau pada bank yang lain.
                        i.       Bukti Kas Masuk
                       Bukti Kas Masuk merupakan bukti untuk mencatat transaksi penerimaan uang tunai. Penerimaan uang tunai tersebut tentu ada bukti transaksinya, seperti kuitansi penagihan, faktur penjualan tunai, atau bukti lain. Berdasarkan bukti tersebut dibuatkan bukti kas masuk, sedangkan salinan faktru penjualan atau kuitasi digunakan sebagai lampiran.
                        j.   Bukti Kas Keluar
                     Bukt Kas keluar merupakan bukti untuk mencatat ttransaksi pengeluaran uang tunai. Misalnya pembelian barang dagangan dengan tunai, membayar utang, dan membayar beban. Dengan adanya pengeluaran uang as tersebut perusahaan mendapat bukti transaksi, misalnya kuitansi, faktru, dan nota kontan. Bukti transaksi tersebut merupakan lampiran atau bukti pendukung bukti kas keluar.

II.
1.        
a.         Apa yang dimaksud dengan transaksi ?
ü  Transaksi adalah kegiatan yang memengaruhi posisi keuangan perusahaan yang dapt diukur dengan satuan uang.
ü  Transaksi adalah kejaddian-kejadian yang harus diproses mulai daari pencatatan transaksi, hingga pelaporan yang mengakibatkan perubahan harta, utang, dan modal yang berhubungan dengan pihak luar.
b.      Apa yang dimaksud dengan bukti transaksi
Bukti transaksi adalah bukti fisik adanya transaksi yang terjadi pada perusahaan
2.       Sebutkan yang dimaksud unsur-unsur dasar akuntansi :
a.       Aktiva : semua kekayaan dari suatu perusahaan yng dapat dinilai dengan uang
b.      Hutang : semua kewajiban perusahaan dari pihak luar
c.       Modal : semua hak pemilik perusahaan atas aktiva perusahaan
d.      Penghasilan (pendapatan) : semua penghasilan yang diperoleh melalui penyerahan barang atau jasa kepada para pembeli yang biasanya diukur dengan aktiva yang diterima sebagai penukar atas barang dan jasa yang diserahkan selama periode tertentu
e.      Beban : semua biaya yang menjadi beban perusahaan yang ditujukan untuk memperoleh penghasilan selama periode tertentu.
3.       Sebutkan bentuk-bentuk persamaan dasar akuntansi
a.       Aktiva (harta) : hutang (kewajiban) + modal (ekuitas)
Assets               : Liabilities + Capital/Owner’s Equity
b.      Aktiva (Harta) : Hutang (kewajiban) +modal (equitas) + penghasilan – beban
Assets               : Liabilities + Capital/Owner’s + Income – Expense
4.       Apa yang dimaksud aktiva dan sebutkan yang termasuk aktiva :
Aktiva (harta) adalah semua kekayaan yang dimiliki suatu  perusahaan, baik yang berwujud maupun tidak berwujud, yang dapat dinilai dengan uang dan digunakan dalam operasi perusahaan.
a.       Harta lancar (Current Asset)
Harta lancar (Current Asset) adalah semua harta yang diharapkan dapat dicairkan (diuangkan) tidak lebih dari satu siklus atau satu tahun akuntansi

 Terima Kasih. . . Tunggu jawaban selanjutnya yaa. . .

No comments:

Post a Comment